MENGENAL HEWAN LANGKA YANG DILINDUNGI

Sabtu, 12 Maret 2011

Hewan langka adalah spesies hewan yang populasinya semakin kecil dan memiliki resiko punah lebih tinggi. Di Indonesia, daftar hewan langka ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Data-data jenis hewan yang dikategorikan langka dan terancam punah ini banyak ditemukan dalam artikel hewan langka di internet.

Badak Jawa (Rhinocerus sondaicus)

Salah satu artikel hewan langka di internet mengatakan bahwa badak jawa merupakan hewan paling langka di dunia dan mulai terancam punah. Badak jawa ini meruppakan binatang endemik Pulau Jawa. Dan saat ini hanya bisa ditemukan di Taman Nasional ujung Kulon. Jumlah populasinya saat ini diperkirakan hanya sekitar 20-27 ekor.


Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis)

Badak sumatera nasibnya lebih baik sedikit dai badak Jawa. Walaupun sebenarnya populasi ini juga mulai diambang kepunahan. Menurut data dari International Rhino Foundation (Virginia) pada tahun 2010 yang lalu populasi badak Sumatera sudah dibawah 200 ekor.


Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas)

Hewan ini dikenal juga dengan sebutan macan kumbang (Panthera pardus melas). Populasi dari subspesies hewan liar ini juga terus menurun. Data terakhir menunjukkan bahwa populasi hewan langka ini hanya berkisar 250 ekor.


Rusa Bawean (Axis kuhlii)

Rusa ini adalah fauna endemik pulau Bawean Kabupaten gresik Jawa Timur. Rusa ini memiliki ciri khas tubuh mungil dan memiliki ekor panjang mencapai 20 cm dan berwarna coklat keputihan pada lipatan bagian dalam. Populasi rusa bawean menurut data di beberapa artikel hewan langka hanya berkisar antara 250 – 300 ekor saja.


Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae).

Seperti halnya macan tutul jawa mamalia ini juga hampir di ambang kepunahan. Data terakhir menunjukkan bahwa populasi hewan ini tingal sekitar 400-500 ekor. Hewan ini merupakan satu-satunya sub spesies harimau yang masih dimiliki di Indonesia.

Untuk diketahui, spesies harimau memiliki sembilan subspesies. Dan tiga subspesies sudah dinyatakan punah. Adapun kesembilan sub spesies tersebut adalah:

1. Harimau Indochina (Panthera tigris corbetti). Subspesies ini bisa ditemukan di daratan Malaysia, Kamboja, China, Laos, Myanmar, Vietnam serta Thailand.

2. Harimau Bengal (Panthera tigris tigris). Meruapakan hewan mamalia langka yang menghuni daratan Bangladesh, Bhutan, China, India, dan Nepal.

3. Harimau Cina Selatan (Panthera tigris amoyensis), bisa ditemukan di daratan China.

4. Harimau Siberia (Panthera tigris altaica). Bisa ditemukan di daratan China, Korea Utara, serta di Rusia.

5. Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) merupakan mamalia endemik Pulau Sumatera.

6. Harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni) endemik di semenanjung Malaya.

7. Harimau Caspian (Panthera tigris virgata) telah dinyatakan punah pada tahun 1950an. Harimau Caspian ini dulunya bisa ditemukan di Afganistan, Iran, Mongolia, Turki, dan Rusia.

8. Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica), juga dinyatakan punah sekitar tahun 1972. Harimau ini merupakan hewan endemik Pulau Jawa.

9. Harimau Bali (Panthera tigris balica). Subspesies hewan ini juga telah dinyatakan punah punah sekitar tahun 1937. Subspesies ini hidup di daerah Pulau Bali..
http://www.anneahira.com

0 komentar:

Posting Komentar